SOAL
SOSIOLOGI
TUGAS
TIK.
1. Dalam
melaksanakan proses belajar mengajar agar interaksi sosial antara guru dan
siswa bisa lancar dan berlangsung seimbang, maka dite-rapkan CBSA (Cara Belajar
Siswa Aktif).
Dari contoh di atas
dapat disimpulkan bahwa interaksi merupakan proses terjadinya
A.
status dan peran
B. aksi dan reaksi
C.
individu dan kelompok
D.
asosiatif dan kooperatif
E.
stratifikasi dan diferensiasi
2. Dalam interaksi
sosial harus ada kontak dan komunikasi sosial. Di bawah ini
yang termasuk
komunikasi sekunder dalam interaksi sosial ada-lah ....
A.
Anita menerima kiriman surat dari seseorang di luar negeri
B.
Yudi berkata kepada Yuni bahwa hari ini ada pentas seni
C.
Kepala sekolah menjelaskan tentang kedisi-plinan para siswa
D.
Tawuran antarsiswa STM dan SMA direkam oleh wartawan
E.
Seorang pedagang sedang menghitung jumlah keuntungannya
3. Pada hakikatnya,
manusia adalah makhluk pri-badi sekaligus makhluk sosial.
Sebagai makhluk sosial,
manusia mempunyai kecenderungan untuk ....
A.
berinteraksi D. Berkuasa
B.
berkompetisi E. Berbeda
C. Bekerjasama
Berdasarkan definisi
tersebut, maka keberadaan nilai bersifat ..
A. abstrak dan ideal
B. konkret dan materiil
C. individual dan
mutlak
D. statis dan komunal
E. konkret dan mutlak
5. Hal mendasar yang membedakan antara norma hukum dan
norma kebiasaan adalah A. tempat D.
Larangan
B.
waktu E. Sanksi
C. Perintah
6.
Salah satu fungsi norma agama bagi kehidupan masyarakat adalah sebagai
pedoman untuk ....
A. Memberikan
batas-batas pada perilaku individu
B. Mengidentifikasi
individu dengan kelompok-nya
C. Mencapai kebahagian
lahir batin (hakiki)
D. Menjaga solidaritas
masyarakat beragama
E. Menjaga masyarakat
dari bahaya narkoba
7.
Sejak lahir hingga dewasa, individu terlibat dalam pergaualan sosial-budaya.
Dalam proses tersebut, individu mendapatkan nilai, norma, dan peran sosial
sehingga menjadi orang dewasa yang berguna bagi masyarakat.
Proses belajar dalam
pergaulan sosial-budaya tersebut dinamakan ....
A. interaksi D.
Akomodasi
B. integrasi E.
Asimilasi
C. Sosialisasi
8.
Dalam berinteraksi dengan teman sebaya, se-orang anak secara bebas tanpa
paksaan dapat menerima ataupun menolak perilaku yang baik sesuai nilai dan
norma sosial.
Bentuk sosialiasi pada
contoh tersebut bersifat ....
A. Otoritatif D. Interaktif
B. ekualitatif
E. Komunikatif
C. Edukatif
9.
Arman yang dulunya berambut hitam tiba-tiba mengubah warna rambutnya menjadi
pirang. Tindakan Arman tersebut dilakukan setelah sering melihat arti idolanya
di televisi yang juga berambut pirang.
Agen sosialisasi dari
kasus tersebut adalah ....
A. keluarga luas
B. teman sepermainan
C. sekolah formal
D. lingkungan kerja
E. media elektronik
10.
Jika seorang pemuda terbiasa bergaul dengan orang-orang yang berperilaku
menyimpang, se-perti berandalan, pemabuk, atau pecandu narkoba, maka lambat
laun akab berperilaku menyimpang juga atau mengikuti perbuatan-perbuatan itu.
Perilaku
menyimpang yang dilakukan pemuda tersebut disebabkan oleh ....
A. sosialisasi sub-budaya menyimpang
A. sosialisasi sub-budaya menyimpang
B. pengaruh budaya asing menyimpang
C. tidak jelasnya norma
dalam kelompok
D. tidak diterapkannya
sanksi sosial
E. perbedaan budaya masyarakat
11.
Jenis pengendalian sosial berupa berita yang menyebar secara tidak langsung
dari sumber-nya dan belum tentu kebenarannya, tetapi ber-fungsi efektif adalah
....
A. intimidasi D. Gosip
A. intimidasi D. Gosip
B. cemoohan E. Hukum
C. Teguran
12.
Setiap malam Ani selalu keluar, maka kemudian ia pun digosipkan sebagai wanita
nakal. Mende-ngar dirinya digosipkan sebagai wanita nakal maka ia pun tidak
suka lagi keluar malam.
Dari
kasus ini dapat disimpulkan bahwa gosip dapat berfungsi sebagai alat ....
A. pelapisan sosial
A. pelapisan sosial
B. diferensiasi sosial
C. pengendalian sosial
D. perubahan sosial
E. sosialisasi efektif
13.
Perhatikan daftar unsur sosial berikut ini
1. status sosial dalam
masyarakat
2. konflik sosial dalam
masyarakat
3. lembaga sosial dalam
masyarakat
4. interaksi sosial
dalam masyarakat
Berdasarkan
daftar di atas, unsur utama pem-bentuk struktur sosial adalah ....
A. 1 dan 2 D. 2 dan 4
A. 1 dan 2 D. 2 dan 4
B. 1 dan 3
E. 3 dan 4
C. 2 dan 3
14.
Sejak masa kanak-kanak Tuti dibimbing oleh ke-dua orangtuanya untuk bersikap
baik dan benar dalam hal ini Tuti mendapat sosialisasi berupa ....
A. peningkatan keterampilan dan pengetahuan
B. pembentukan identitas diri
C. pembentukan kepedulian sosial
D. penanaman nilai dan norma sosial
E. penolakan tindakan yang bersifat moral
15.
Tipe tindakan afektif adalah seperti terdapat da-lam contoh berikut ....
A. masyarakat Indonesia merasa iba ketika Ibu Tien
Soeharto meninggal dunia
B. para tokoh agama mengharapkan adanya kerukunan
antarumat beragama
C. pemerintah membangun tempat untuk ber-bagai umat
beragama
D. masyarakat beragama melaksanakan berba-gai ibadat
E. berjabat tangan dengan menggunakan tangan kanan
16.
Tujuan proses sosialisasi adalah penanaman ke-mampuan-kemampuan berikut ini,
kecuali ....
A. keterampilan yang dibutuhkan dalam masyarakat
B. pertumbuhan fisik yang sehat dan enerjik
C. berkomunikasi secara efisien dan efektif
D. mengendalikan fungsi-fungsi organik
E. pembiasaan nilai dan kepercayaan dasar
17.
Kelebihan menggunakan metode observasi adalah ....
A. memerlukan waktu yang sangat singkat dan biaya
murah
B. dapat melihat fenomena secara tuntas tanpa
kehadiran
C. tidak perlu persiapan yang
berbelit-belit dalam penelitian
D. dapat berkomunikasi secara verbal dan nonverbal
E. sewaktu-waktu penelitian dapat berubah
berdasarkan situasi
18.
Perbedaan yang mendasar antara suku Batak dengan suku Minangkabau dapat
dilihat dari ....
A. agama dan kepercayaan
B. mata pencaharian
C. pengetahuan dan keterampilan
D. sistem pengolahan tanah
E. garis keturunan
19.
Perhatikan beberapa gejala
sosial berikut!
1. Pelakunya lebih dari satu orang
2. Tidak ada komunikasi diantara pelaku
3. Mempunyai maksud dan tujuan yang jelas
4. Dimensi waktunya adalah masa lalu
Dari
daftar di atas yang termasu ciri-ciri interaksi sosial adalah….
A. 1 dan 2 D.
2 dan 4
B. 1 dan 3 E.
3 dan 4
C. 2 dan 3
20.
Beberapa remaja berusaha
untuk tampil sama persis dengan tokoh yang dikagumi,
dalam proses interaksi sosial
tersebut sangat dipengaruhi oleh factor….
A. Identifikasi D. Empati
B. Simpati E. Sugesti
C. Motivasi
21.
Perhatikan contoh realita
sosial berikut!
1.
Anggota DPR dan DPD berdebat
tentang efektifitas pembangunan nasional.
2.
Siswa SMA/MA se-DKI
bertanding olahraga untuk memperebutkan piala Gubernur.
3.
Para siswa berkumpul di
halaman sekolah untuk menyaksikan pentas music.
4.Siswa
mengerjakan tugas secara sungguh-sungguh supaya mendapat nilai terbaik.
Dari contoh
di atas yang merupakan interaksi sosial dalam bentuk kompetisi adalah….
A. 1 dan 2 D.
(2) dan (4)
B. 1 dan 3 E.
(3) dan (4)
C. 2 dan 3
22.
Mengucapkan salam ketika
bertamu, menganggukkan kepala sebagai tanda hormat kepada orang lain, serta
membuang sampah pada tempatnya, merupakan contoh dari cara-cara bertindak yang
digemari oleh masyarakat sehingga dilakukan berulang-ulang. Apabila perbuatan
tersebut tidak dilakukan, maka dianggap sebagai penyimpangan. Contoh tersebut
menunjukkan jenis norma yang diterapkan adalah….
A. Usage/Cara D.
Custom/Adat
B. Folkways/Kebiasaan E.
Laws/Hukum
C. Mores/Tata
Kelakuan
23.
Hal mendasar yang membedakan
antara norma hukum dan norma kebiasaan
adalah….
A. Tempat D.
Larangan
B. Waktu E.
Sanksi
C. Perintah
24.
Pak Herman menginginkan
anaknya selalu disiplin dalam hidup. Ia sering memarahi dan bahkan memukul
setiap kali anaknya tidak disiplin. Pola sosialisasi dalam contoh tersebut
bersifat….
A. Partisipatif D.
Edukatif
B. Akualitatif E.
Normatif
C. Represif
25.
Perhatikan ciri-ciri penyimpangan
di bawah ini!
1. Penyimpangan bersifat sementara dan
pertama
2. Masyarakat dapat menoleransi
penyimpangan
3. Penyimpangan dilakukan berulang-ulang
4. Penyimpangan sudah menjadi kebiasaan
Yang
termasuk ciri-ciri penyimpangan primer adalah….
A. 1 dan 2 D. 2 dan 3
B. 1 dan 3 E.
3 dan 4
C. 1 dan 4
26.
Penyimpangan merupakan
perilaku yang oleh sejumlah besar orang dianggap sebagai hal tercela dan diluar
batas toleransi. Pada hakekatnya, suatu tindakan dianggap menyimpang apabila….
A. Dilakukan
untuk tujuan tertentu
B. Dilakukan
sebagian kecil orang
C. Terjadi
pelanggaran norma
D. Dapat
ditoleransi masyarakat
E. Berdampak
negative bagi individu
27.
Rudi yang bolos sekolah satu
kali dicap pembolos oleh gurunya. Julukan sebagai pembolos dari gurunya juga
diikuti oleh teman-temannya. Karena perlakuan dari guru dan teman-temannya yang
mencap Rudi sebagai pembolos, maka ia kemudian mengulang perbuatannya secara
terus –menerus. Terjadinya perilaku menyimpang tersebut sesuai dengan teori….
A. Labelling D.
Fungsi
B. Perilaku E.
Konflik
C. Anomi
28.
Perhatikan pernyataan
berikut!
1. Pemerintahan bersifat otoriter.
2. Masyarakat mematuhi norma secara sadar.
3. Pelanggaran dapat ditindak dengan
tegas.
4. Ancaman sanksi dari pemerintah tidak
jelas.
Pernyataan di atas yang
merupakan tujuan pengendalian sosial adalah….
A. 1 dan 2 D.
2 dan 4
B. 1 dan 3 E.
3 dan 4
C. 2 dan 3
29.
Perhatikan pernyataan
berikut!
1. Ibu menasehati anaknya agar tidak
merokok.
2. Polisi menembak pencopet yang melarikan
diri.
3. Guru membacakan tata tertib sebelum
ujian dimulai.
4. Sekolah mengeluarkan siswa yang membawa
narkoba.
Dari pernyataan di
atas, yang termasuk pengendalian sosial preventif adalah….
A.1 dan 2 D.
2 dan 4
B.1 dan 3 E.
3 dan 4
C.2 dan 3
30.
Pelapisan sosial pada
masyarakat modern bersifat terbuka dan demokratis, sehingga garis pemisah
antara lapisan sosial kelas atas, kelas menengah, dan kelas bawah tidak
bersifat tegas dan kaku. Kondisi tersebut terjadi karena adanya….
A. Perlakuan istimewa D.
Perubahan secara
otomatis
B. Perbedaan gaya hidup E.
Perlakuan sama
di depan hukum
C. Mobilitas sosial vertical
31.
Tindakan sosial masyarakat idealnya diarahkan untuk mewujudkan...
A. Kaidah
B. Interaksi
C. Pranata
D. Norma
E. Nilai
32.
Perhatikan contoh berikut!
1. Pertandingan
sepakbola antarklub di Jakarta.
2. Pabrik itu dirikan
secara patungan.
3. Di antara
pihak-pihak yang bertikai timbul rasa benci.
4. Terjadi perang urat
saraf antara A dan B.
Dari contoh di atas yang termasuk kontravensi
adalah:
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 1 dan 4
D. 2 dan 3
E. 3 dan 4
33. Nilai dalam interaksi sosial berperan sebagai...
A. Pengendali tingkah laku
B. Pedoman pola pikir
C.
Pendorong tindakan sosial
D. Petunjuk kehidupan
sosial
E. Pembentuk budaya baru
34. Fungsi nilai sosial dalam kehidupan masyarakat
adalah...
A. Memberi contoh tentang
perilaku yang baik
B. Sebagai pengawas
perilaku manusia
C.
Membedakan hal-hal yang disukai dan tidak disukai
D. Gambaran tentang
anjuran dan larangan
E. Memberi arah tentang
perilaku baik
35. Norma dijadikan pedoman hidup dalam memenuhi
kebutuhan sosial sebab...
A. Mengembangkan nilai
persatuan dan patriotisme
B. Mengungkapkan rasa
estetika
C. Mengatur berbagai
aktifitas
D. Mengembangkan prinsip
benar salah
E. Menimbulkan keyakinan
diri yang amat kurang
36. Suami istri berhak berciuman. Akan tetapi, di
Indonesia pasangan suami istri ini tidak melakukannya di depan umum karena
bertentang dengan dengan norma...
A. Agama
B. Hukum
C. Kesusilaan
D. Kesopanan
E. Kebiasaan
37. Perhatikan hal-hal berikut!
1) Menamkan nilai dan norma yang dianut masyarakat
2) Membentuk kemampuan beradaptasi dengan lingkungan yang lebih luas
3) Sarana pemenuhan kebutuhan hidup individu dan kelompok
4) Sebagai dasar pembentukan kepribadian seseorang
Dari pernyataan di atas yang termasuk peran sosialisasi primer dan
sosialisasi sekunder adalah...
A.
1 dan 2
B.
1 dan 3
C.
1 dan 4
D.
2 dan 3
E.
3 dan 4
38. Salah satu faktor yang memengaruhi kepribadian
seseorang yang berkaitan dengan kondisi fisik tempat tinggal adalah...
A.
Warisan
biologis
B.
Lingkungan
geografis
C.
Lingkungan
budaya
D.
Lingkungan
sosial
E.
Lingkungan
bermain
39. Salah satu contoh fungsi media massa dalam
sosialisasi sekunder adalah...
A. Memicu masyarakat
menjadi konsumtif
B. Menanamkan nilai-nilai
fundamental
C. Membudayakan masyarakat
secara formal
D. Menanamkan rasa
tenteram dan damai
E.
Menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat
40. Pelapisan sosial berdasarkan sistem kasta
bersifat tertutup sebab...
A.
Sistem kasta
hanya dikenal di negara India
B.
Kasta
diperoleh melalui keturunan dan berlaku seumur hidup
C.
Masyarakat
Bali sebagian besar memeluk agama Hindu
D.
Bentuk
perkawinan dalam masyarakat Hindu bersifat eksogami
E.
Sejak India
merdeka pelaksanaan sistem kasta cenderung lunak
41.
Penggolongan masyarakat ke dalam kelompok tertentu seperti pedagang, pegawai,
nelayan, pengusaha, pengrajin, dan pejabat pemerintah merupakan diferensiasi
sosial berdasarkan....
A.
Peranan
B.
Suku
C.
Agama
D.
Ras
E.
Profesi
42. Pada prinsipnya status seseorang dapat diperoleh
dengan cara-cara bersifat...
A. Subjektif,
objektif, dan Otomatis
B. Otomatis,
ada usaha, dan subjektif
C. Konflik,
Simbol, dan Assigned
D. Ascribed,
Achieved, dan Assigned
E. Ascribed,
Otomatis, dan Assigned
43. Faktor penyebab adanya primordialisme adalah ...
A. Kesetiaan
terhadap sesuatu yang dimiliki sejak lahir
B. Fanatisme
yang berlebihan dan meremehkan budaya asing
C. Sikap
tertutup terhadap budaya asing karena rasa curiga
D. Letak yang
terisolasi sehingga tidak terpengaruh budaya asing
E. Takut
sistem keseimbangan masyarakat goyah
44. Ilmu yang
berdasarkan pada teori – teori yang sudah ada kemudian diperbaiki, diperluas,
dan diperhalus adalah ilmu yang bersifat.....
A. Empiris
B. Teoritis
C. Kumulatif
D. Non Etis
E. Sosial
45. Objek
kajian sosiologi adalah ....
A. Lembaga
masyarakat
B. Masyarakat
C. Lembaga
Sosial
D. Organisasi
sosial
E. Dinamika sosial
46. Ruang lingkup sosiologi adalah ...
A. sama dengan ilmu – ilmu sosial yang lain
B. Lebih sempit dibanding ilmu sosial yang lain
C. Lebih luas daripada ilmu sosial yang lain
D. Tidak menentu kadang lebih luas, kadang tidak
E. Tergantung Objek yang menggunakan
47. Perhatikan pernyataan dibawah ini :
1.
Kerjasama
2.
Konsolidasi
3.
Koalisi
4.
Konflik
Dari data di atas yang termasuk dalam bentuk
interaksi sosial Assosiatif adalah ....
A. 1 dan 2
B.
1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E.
1 dan 4
48. Orang tua yang memberi hadiah untuk anaknya
karena berprestasi merupakan bentuk....
A. Empati
B. Simpati
C. Motivasi
D. Identifikasi
E. Asimilasi
49. Salah satu syarat agar terjadinya interaksi
sosial adalah adanya....
A. Nilai
B. Norma
C. Kontak
D. Status
E. Pikiran
50. Petinju
Hashim Rohman berlatih tinju dengan seorang sporing partner sebelum menghadapi
penantangnya, interaksi Sosial tersebut termasuk...
A. Kerjasama
B. Akomodasi
C. Asimilasi
D. Akulturasi
E. Kontroversi
0 komentar:
Posting Komentar